25.11.08

TANAMAN TOMAT

KEUNTUNGAN PENGGUNAAN TIENSGOLDEN HARVEST UNTUK TOMAT

  1. Hemat pupuk (kimia, kompos/ kandang) sampai dengan 50%.
  2. Relatif lebih tahan terhadap serangan penyakit.
  3. Warna buah lebih cerah, dan lebih tahan lama ( tidak mudah busuk ).

PEMBIBITAN

  1. Rendam benih tomat dengan larutan Tiens Golden Harvest ( 10 ml / 1 tutup Tiens Golden Harvest dicampur air 1 liter ) kurang lebih selama 4 jam.
  2. Sebelum disemai, media penyemaian disemprot dengan larutan Tiens Golden Harvest.
  3. Kemudian tanam benih pada media semai tersebut ( menggunakan polybag kecil ).
  4. Jika media semai juga diberi pupuk kimia, maka berikan pupuk kimia tersebut 3 hari sebelum Tiens Golden Harvest tetapi kurangi dosis pupuk kimia tersebut 50 %.
  5. Setelah berkecambah dan memiliki 5 – 6 helai daun bibit dapat dipindahkan ke bedengan.

PEMUPUKAN TIENS GOLDEN HARVEST DAN PUPUK KIMIA PADA MASA PENANAMAN

Pemupukan menjelang penanaman

  1. Lahan diolah, dibajak / dicangkul, dan dibuat bedengan serta buat lubang untuk penanaman bibit, serta diberi pemupukan dasar. Kemudian tutup dengan tanah tipis.
  2. Dosis pupuk kandang dan pupuk kimia, setengah ( 50 % ) dari biasanya ( dosis normal sebelum memakai Tiens Golden Harvest ).
  3. Pemupukan kimia minimal harus ada jarak 3 hari dari pemupukan Tiens Golden Harvest.

Pemberian Tiens Golden Harvest ke – 1

Tiga hari sebelum penanaman bibit, semprotkan larutan 2 liter Tiens Golden Harvest dicampur dengan 200 liter air.

Pemberian Tiens Golden Harvest ke – 2

Pada saat tanaman umur 10 hari, siram / semprotkan larutan Tiens Golden Harvest pada barisan tanaman / kecambah. Pada tahap ini dibutuhkan 1 liter Tiens Golden Harvest ( 1 liter Tiens Golden Harvest dicampur dengan 100 liter air ).

Pemberian Pupuk kimia ke – 1

Tiga hari setelah aplikasi pupuk Tiens Golden Harvest ke – 2 di atas, berikan pupuk kimia. Pemberian dosis adalah setengah ( 50 % ) dari dosis dari biasanya ( dosis normal sebelum memakai Tiens Golden Harvest ).

Pemberian pupuk Tiens Golden Harvest ke – 3

Pada saat tanaman umur 20 hari, siram / semprotkan larutan Tiens Golden Harvest dengan cara disemprotkan atau disiramkan pada lahan ( sekita pangkal batang ). Pada tahap ini dibutuhkan 1 liter Tiens Golden Harvest dicampur dengan 100 liter air.

Pemberian pupuk kimia ke 2

Tiga hari setelah aplikasipupuk Tiens Golden Harvest ke 3 diatas, berikan pupuk kimia. Pemberian dosis adalahsetengah (50%) dari dosis biasanya

(dosis normal sebelum memakai Tiens Golden Harvest).

Pemberian Tiens Golden Harvest ke 4

Pada saat tanaman umur 30 hari, siram / semprotkan larutan Tiens Golden Harvest dengan cara disemprotkan atau disiram pada lahan (sekitar pangkal batang). Pada tahap ini dibutuhkan (1 liter Tiens Golden Harvest dicampur dengan 100 liter air).

Pemberian Tiens Golden Harvest ke 5

Pada saat tanaman umur 40 hari, siram/ semprotkan larutan Tiens Golden Haervest dengan cara disemprotkan atau disiramkan pada lahan (sekitar pangkal batang). Pada tahap ini dibutuhkan 1 liter Tiens Golden Harvest dicampur dengan 100 liter air

0 komentar: